Penyebab Lambatnya Hardware (laptop) dan cara mengatasinya


Sebagai brainware kita harus mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi pada hardware. Karena dalam menjalankan sebuah hardware tidak selamanya kita melakukannya dengan lancar. Kadang sering muncul permasalahan - permasalahan kecil hingga besar yang menyerang hardware kita. Salah satu yang umumnya sering menimpa hardware kita yaitu lambatnya hardware dalam melakukan proses. Inilah penyebab - penyebab lambatnya hardware (laptop) dalam melakukan suatu proses :
  1. Registry tidak tertata optimal. Inilah yang menjadi tertuduh pertama mengapa laptop menjadi lambat. Windows mencatat semua proses yang dilakukannya ke dalam registry ini. Memang ini juga untuk mempercepat kinerjanya juga. Tetapi setelah beberapa waktu, baik pengguna maupun Windows sendiri akan membuat perubahan pada file dan struktur dan penempatan file juga aplikasi. Nah, rupanya si Windows tidak mau membersihkan dirinya sendiri dari registry yang tidak lagi terpakai. Karena setiap kali registry ini dibaca, diubah, dibenahi oleh Windows, maka waktu yang dipakai juga akan bertambah berbanding lurus dengan semakin panjangnya catatan yang dibuat Windows. 
  2. Hard disk mengalami fragmentasi. Ini juga kurang lebih mirip dengan registry yang tidak optimal tadi. Ini berkait dengan cara Windows mempercepat kinerja read/write data di hard disk. Windows akan mengambil tempat di hard disk berdasarkan perhitungan bagian mana yang bisa ditulisi dengan waktu secepatnya. Ini membuat file terletak tidak urut atau dalam tempat yang sebaris. Nah, ketika dibaca, jadi lama. Yang kedua, belum tentu file yang sering dibuka berada di tempat yang lebih cepat dibaca. Lihat gambar struktur file di hard disk di samping. Anda tentu paham bahwa lintasan yang ditengah membutuhkan waktu lebih sedikit untuk dibaca. Nah, file yang terfragmentasi itu – selain tempatnya yang terpencar-pencar – juga tidak berada di lintasan dalam, padahal dia sering dipanggil.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall. Semakin banyak aplikasi terinstall di laptop, berarti registry yang dibuat Windows juga akan semakin panjang dan kompleks. Artinya juga akan menambah waktu penambahan, belum lagi akibatnya pada kapasitas tersisa hard disk yang semakin sedikit. Jadi, sebaiknya install software atau aplikasi yang memang kita butuhkan saja.  
  4. Laptop terkena virus. Kalau ini jelas ya. Perilaku virus komputer jaman sekarang berbeda dengan perilaku virus jaman dulu. Dahulu kebanyakan virus komputer akan menampakkan diri dengan menampilkan pesan tertentu di layar. Juga banyak yang bersifat merusak file. Virus jaman sekarang beda. Jarang dari mereka yang merusak file atau data. Lebih jahat lagi, mereka mencuri data. Beberapa virus sekarang juga aktif menduplikat diri dengan membuat salinannya di setiap folder. Kalau yang seperti ini jelas membuat laptop menjadi lambat. 
  5. Kekurangan RAM. Ketika belum jamak laptop memakai RAM 2GB, rasanya RAM 1GB itu sudah mewah. Tidak sampai satu tahun kemudian, RAM 2GB adalah keharusan. Saat ini, baik netbook maupun laptop sudah datang dengan RAM minimal 2GB, berarti satu tahun ke depan, RAM 4GB akan menjadi hal biasa. Jadi, salah satu pertimbangan membeli laptop adalah RAM terpasang dan kemungkinan tertinggi RAM terpasang. 
Setelah kita mengetahui penyebab - penyebab lambatnya hardware dalam melakukan sebuah proses, maka kita juga harus tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Supaya dalam mengerjakan sebuah tugas, tidak akan terganggu. Berikut cara mempercepat kinerja hardware (laptop) :
  1. Optimasi Registry
    Saya menggunakan CCleaner untuk mengoptimasi registry supaya lebih tertata. Selain itu ada Tune Up Utilities yang lebih lengkap cuman berbayar. Kalau CCleaner gratis. Download
    CCleaner Terbaru.
  2. Optimasi Hard Disk
    Semakin lama laptop digunakan, hard disk juga akan semakin penuh. Perhatikanlah berapa kali anda menyimpan file untuk kemudian anda hapus. Atau berapa kali anda menginstall aplikasi untuk kemudian menghapusnya? Itu semua membuat hard disk anda terfragmentasi. Nah, salah satu cara mengoptimasi hard disk adalah dengan melakukan defrag. Upayakan untuk mendefrag hard disk minimal dua minggu sekali kalau anda intens sekali menggunakan laptop. Kemudian juga, sebelum melakukan defrag, ada baiknya anda bersihkan dulu hard disk anda dari file-file yang tidak perlu. Bersihkan juga Recycle Bin secara berkala.
  3. Optimasi RAM
    Optimasi RAM? Memang bisa? Iya, jumlahnya memang tetap. Namun sebenarnya kita bisa mengakali Windows dengan memanfaatkan flash disk jadi tambahan RAM misalnya. Caranya? Baca di sini
    .
  4. Optimasi Display
    Tampilan layar yang terlalu manis dengan effect aero yang penuh transparansi itu sebenarnya sangat memboroskan resource laptop. Itu sebabnya Windows 8 tidak lagi menggunakan Aero dan menggantinya dengan tampilan Metro yang tidak manis sama sekali alias kaku kotak-kotak. Dari sisi display ini, kita bisa mempercepat kinerja laptop cukup signifikan. Coba gunakan Windows theme yang sederhana. Standard saja. Upayakan tidak usah memasang widget tambahan di desktop. Bagus memang, tapi apa ya seperlu itu. Kemudian, kurangi short cut di desktop. Tidak perlu membuat wallpaper desktop Windows 7 anda tertutup dengan short cut kan?
  5. Optimasi Aplikasi Terinstall
    Maksudnya, coba periksa aplikasi apa saja yang sudah terinstall di laptop anda. Segera putuskan mana yang tidak perlu ada, atau sudah lama sekali anda tidak memakainya. Kecuali itu software yang anda beli dan anda kehilangan serial numbernya, hapus saja. Hampir semua aplikasi atau software, menempatkan dirinya jadi yang utama, jadi tidak heran kalau beberapa dari mereka memaksa untuk dipanggil pada waktu Windows 7 start up, juga memaksa menerima update terbaru dari internet. Kan? Jadi awasilah start up Windows 7 anda, apa saja yang ada di sana. Tidak perlu, buang.
Kalau beberapa cara mempercepat kinerja laptop windows 7 di atas masih tidak mempan, lakukan 3 hal berikut:
  1. tanyakan pada teman atau siapapun yang bisa mempercepat laptop anda
  2. pertimbangkan untuk menambah atau upgrade RAM
  3. mungkin sebaiknya anda install ulang Windows 7
  4. kalau ada uang, beli laptop baru yang spesifikasi lebih masuk akal untuk keperluan komputasi anda.
Hampir semua cara mempercepat kinerja laptop di atas bisa kita lakukan dengan memanfaatkan CCleaner, kecuali hard disk defrag. Tune Up Utilities lebih mampu untuk melakukan optimasi laptop dengan lebih baik.
Semoga bisa bermanfaat.

cr : reviewlaptop-id.blogspot.com

0 Response to "Penyebab Lambatnya Hardware (laptop) dan cara mengatasinya"

Poskan Komentar