7 Manfaat mengejutkan dari buah apel



Apel, buah yang familiar dan mudah ditemukan di sekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat mengejutkan bagi kesehatan. Mau tahu apa saja? Ini dia, seperti dilansir oleh Third Age (12/11).
1. Sistem pencernaan
Serat pada buah apel mampu mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan, seperti konstipasi atau diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan membuat sistem pencernaan lancar.
2. Kesehatan gigi
Menggigit dan mengunyah apel mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos dan menurunkan tingkat bakteri dalam mulut.
3. Sistem kekebalan tubuh
Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang depresi.
4. Katarak
Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 - 15 persen lebih sedikit.
5. Risiko Alzheimer
Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi jus apel mampu mencegah penuaan otak. Tikus dalam penelitian yang mengonsumsi apel menunjukkan hasil tes yang lebih baik dalam hal kemampuan kognitif.
6. Kanker
Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak buah apel mampu menurunkan jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Apel yang tinggi serat juga diketahui mampu menurunkan risiko kanker usus besar.
7. Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari memiliki kemungkinan 28 persen lebih sedikit untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi apel. Hal ini dikarenakan oleh serat pada apel yang bisa mengontrol tingkat gula darah.
Itulah beberapa manfaat mengejutkan apel bagi kesehatan. Apel adalah buah yang mudah didapatkan dan terjangkau. Jadi, tak ada salahnya mulai membiasakan diri mengonsumsi buah ini setiap hari.

sb : http://www.merdeka.com

0 Response to " 7 Manfaat mengejutkan dari buah apel"

Posting Komentar